SELAMAT DATANG DI BLOGG SAYA!!!! SEMOGA ANDA MENYUKAINYA...

Selasa, 30 Maret 2010

CIRI-CIRI PROFESIONALISME DAN KODE ETIK PROFESIAONAL SEORANG TEKNOLOGI INFORMASI

CIRI-CIRI PROFESIONALISME

          Profesionalisme ialah bentuk suatu individu yang bekerja sesuai dengan kahlianya dengan mengunakan rasa tanggung jawab yang besar sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaaat atau yang sesuai sehingga mencapai suatu tujuan yang akan dicapai. kalau dikaitkan dengan profesionalisme dibidan IT berarti bahwa seorang IT harus mampu menguasai IT tersebut, entah itu mengenai penganan hardware dan software komputer, entah pemrograman dan entah itu mengenai analisis. 

          Ada beberapa ciri profesioanalisme dalam bidang IT, yaitu:       
  1. Memiliki pengetahuan  yang tinggi di bidang IT
  2. Memiliki keterampilan yang tinggi di bidang IT
  3. Memiliki pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat,budaya,seni,sejarah dan komunikasi.
  4. Tanggap terhadap masalah client,faham terhadap isyu-isyu etis serta tata nilai clientnya.
  5. Mampu melakukan pendekatan multidisiplioner
  6. Mampu bekerja sama
  7. Bekerja di bawah disiplin etika
  8. Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik,bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas kepada masyarakat.
Ciri-ciri yang telah disebutkan diatas haruslah diingat dan ini semua saling terkait, jika salah satu tidak terkait maka profesional seseorang akan ada kelemahan dan berjalan kurang stabil......


KODE ETIK PROFESIONAL SEORANG IT
             
            kode etik profesional ialah alat bantu atau saran pelaksana sebagai orang yang berprofesional dalam bidangnya supaya tidak merusak etika profesinya. jadi bisa dibilang ini sebagai aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh stiap orang yang profesioanal.

            dalam kode etik yang dimiliki seorang IT yakni memuat kajian ilmiah yang menyangkut prinsip atau norma-norma yang mengaitkan antara profesioanal atau develepor TI dengan klien, antar profesional sendiri, antar organisasi profesi, serta organisasi profesi dengan pemerintah. bentuk hubungnanya biasanya ialah pembuatan software aplikasi.

           seorang profesi dalam menjaga kode etik tidak boleh membuat program aplikasi yang semaunya dia. karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan suatu aplikasi, yaitu untuk apa program itu dibuat buat siapa nantinya bila sudah jadi, dan program aplikasi ini harus bisa dipertanggung jawabkan dalam segi keamanannya jangan samapi ada ganguan dari pihak yang tidak berwenang.

           tapi yang saya sesalkan dalam dunia IT etika tersebut belumlah di explor sebagai undang-undang sehingga banyak penyelewengan-penyelewengan data atau informasi yang telah menjadi rahasia.hal ini harusnya sebagai seorang profesional dalam bidang IT bersatu dan membangun suatu etika yang dapat disahkan dalam undang-undang.


sumber: http://theadamznd.blogspot.com/2009/10/kode-etik-seorang-profesional-it.html
 

          






           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar