SELAMAT DATANG DI BLOGG SAYA!!!! SEMOGA ANDA MENYUKAINYA...

Jumat, 05 Maret 2010

Kedahsyatan Air

Air diciptakan oleh Tuhan untuk berbagai macam keperluan bagi makhluk yang diciptakan di Bumi, entah itu untuk bersuci, sebagai sumber tenaga, minum, masak, dll. Kita sering menggunakan setiap harinya tapi kita tidak tahu akan manfaat air yang sesungguhnya. kalo kita teliti banyak sekali yang kita dapat dari setetes air yang kita gunakan. contohnya saja kita setiap hari bisa minum air putih yang sehat. dari kita kecil hingga sekarang kita sering minum air putih tapi kita lum tahu apa sih kegunaannya minum air putih banyak-banyak. Banyak orang beranggapan "Ah, minum air putih doang cuma bisa kembung atau ga ada rasa atau hambar!!!" beranggapan yang demikian salah air putih yang sehat dan tidak berwarna yang kita minum banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita, yaitu untuk membersihkan saluran pencernaan, membuang toksin, memperlancar metabolisme. Masih banyak lagi kegunaan yang dapat kita ambil dari Air putih ini. dalam bahasan ini saya coba untuk membahas satu persatu manfaat air bagi tubuh kita.

Manfaat AIR Bagi Tubuh
80 % tubuh manusia terdiri dari cairan atau air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

 Jika mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan sampai kekurangan air.

Peran Air Bagi Tubuh.
ada beberapa peran air bagi tubuh kita, yaitu : 
  • buat penahan lapar
    disini air berperan sebagai pengganti lapa karen air bisa menggantikan atau menyamarkan rasa lapar. bila kita lapar padahal baru beberapa jam atau beberapa menit yang lalu kita merasa lapa maka coba dengan meminum air maka ras lapar yang datang akan hilang.
  • Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh  
    dalam ha iin air berperan sebagai cadangan tenaga yang berada di otot sehingga orang yang pekerja keras atau para pekerja ringan bisa melakukan aktifitasnya tanpa ada rasa lelah yang berlebihan.

  • Mencegah Timbulnya Penyakit.
    penyakit disini yaitu penyakit yang letaknya di kandung kemih, ginjal, usus besar, serta penyakit sembelit, dikatakan oleh dokter harus banyak minu air maka penyakit kanker usus besar, kangker kandung kemih, gagal ginjal dan sembelt bisa dicegah dan dikurangi. dalam hal ini juga bisa digunakan dalam pengidap penyakit flu, masuk angin, migrain dan sakit kepala.
  • Sebagai Pelembab Wajah
    semakin banyak meminum air maka kulit diwajah dapat mengencang mengurangi kerut diwajah. air disini juga mengurangi keletihan diwajah karena perjalanan jauh.
  •  Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak.
  • Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
  • Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita.
     
  • Katalisator dalam metabolisme tubuh
  • Pelumas bagi sendi-sendi
  • Menstabilkan suhu tubuh
  • Meredam benturan bagi organ vital 
Tubuh sangat butuh akan air yang cukup untuk kesehatan dan untuk kepentingan yang lainnya. Di xaman sekarang kita jarang sekali melihat orang-orang meminum air putih. karen yang tak ada rasa dan tak membuat tenggorakan merasa segar. padahal denga air yang tak berwarna dan tak berasa itulah yang membuat kita sehat karena air putih yang sehat kaya akan unsur hara dan oksigen yang bagus bagi tubuh kita. maka untuk itu kita seringlah meminum air putih yang tak berwarna dan tak berasa dan sudah yang dimasak sampai matang benar.


sumber : 
http://www.kamusilmiah.com/kesehatan/manfaat-air-dalam-kehidupan.
http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/manfaat-menakjubkan-air-putih.html.
http://yudhim.blogspot.com/2009/07/1000-manfaat-air-bagi-kesehatan-tubuh.html.
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar