SELAMAT DATANG DI BLOGG SAYA!!!! SEMOGA ANDA MENYUKAINYA...

Selasa, 02 Maret 2010

ETIKA DALAM PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Pendahuluan

            Dalam kehidupan sehari-hari kita berada dalam kehidupan yang bermasyarakat yang bersifat saling berdampingan satu dengan yang lainnya. Dalam kehidupan bermasyarakat kita memerlukan etika yang baik dalam bermasyarakat sehingga pandangan orang terhadap kita sangatlah baik. Banyak sekali etika-etika yang harus kita pahami misalnya, etika dalam komunikasi. etika dalam komunikasi ini sangatlah penting karen abanyak sekali kerancuan dalam penyampaian dan penerimaan pesan yang disampaikan sehingga banyak orang-orang yang melanggar tatanan norma-norma.
             perubahan zaman sangatlah pesat kini komunikasi yang caranya kurangnya efisien dan efektif  yang digunakan masyarakat maka diciptakan teknologi-teknologi yang sangat canggih yang berbasiskan komunikasi yang kemudian dikenal dengan teknologi sistem informasi. teknologi ini mempunyai etika-etika sehingga tak dapat disalah gunakan. Jadi etika dalam profesi di bidang teknologi sistem informasi sangatlah penting di lingkungannya.
               Dalam pembahasan berikutnya akan dibahas tentang etika dalam profesi dibidang teknologi sistem informasi.

Etika

                Dilihat dari sejarahnya etika sebenarnya sudah ada semenjak manusia ada di bumi. etika diturunkan oleh Tuhan untuk membuat manusia agar tahu akan pentingnya tatanan hidup. Akan tetapi, jaman dahulu etika bukan lah suatu ilmu beda dengan zaman-zaman yang telah menjadikan etika suatu ilmu.

                Etika itu sendiri berasal dari kata yunani   ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Etika mempunyai beberapa arti yang telah didefinisikan oleh beberapa pihak, yakni:
  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
    Etika merupakan satu ilmu mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau  masyarakat.
  2. Menurut Kattsoff
    Etika lebih banyak berhubungan dengan prinsip-prinsip dasar dalam hubungan tingkah laku manusia.
  3. Menurut Austin Fogothetu ^
    Etika berhubungan dengan seluruh ilmu pengetahuan tentang manusia dan masyarakat.
        
  4. Menurut Franz Magnis Suseno 
    Sebagai keseluruhan norma dan penilaian yang dipergunakan oleh masyarakat yang bersangkutan untuk mengetahui bagaimana manusia seharusnya menjalankan kehidupan.
Etika Dalam Profesi Di  Bidang Teknologi Informasi
          Dalam segi teknologi informasi perkembangannya sangatlah cepat dan banyak orang yang membutuhkan teknologi tersebut yang dikarenakan tuntutan hidup. Dalam perkembangan teknologi yang canggih ini diperlukannya etika yang baik untuk menunjang keberhasilan dari teknologi tersebut. jika adanya etika yang baik setiap manusia yang memakai teknologi maka takan adanya kekhawatiran-khawatiran yang yang munjul dibenak para pengguna teknologi.

                  dalam bahasan ini saya akan memberi contoh aplikasi dari etika dalam profesi di bidang teknologi infor masi. contoh yang akan saya tulis ini adlah kode etik IEEE yang dikutip dari pvadi.blog.friendster.com

                 Kode Etik IEEE ini memberikan janji pegangan yang luhur bagi semua anggotanya untuk mempertanggung jawabkan secara pribadi ke organisasi bagi pemanfaatan teknologi secara baik untuk meningkatkan kualitas hidup bagi seluruh masyarakat dunia dengan memegang etika yang tinggi dan secara profesional mensetujui 10(sepuluh syarat):
  1. Bertanggung jawab atas keputusan teknikal yang dibuat secara konsisten untuk keselamatan publik, dan secara cepat menyampaikan jika ada faktor-faktor yang membahayakan lingkungan masyarakat.

  2. Semaksimal mungkin menghindari konflik kepentingan dan memberitahukan secepatnya ke semua pihak yang berkepentingan jika ada konflik kepentingan yang mungkin terjadi
  3. Jujur dan relalistis berdasarkan data yang ada dalam membuat perkiraan atau mengajukan suatu tuntutan.
  4. Menolak suap dalam segala macam bentuknya.
  5. Meningkatkan pengetahuan tentang teknologi dan segala bentuk aplikasi dan kemungkinan akibatnya.
  6. Meningkatkan kemampuan dan mengaplikasikan teknologi berdasarkan pelatihan dan pengalaman.
  7. Selalu mengharapkan saran dan menerima kritik yang membangun untuk semua hasil pekerjaan dan mengakui jika ada kesalahan, serta memberikan penghargaan sepatutnya untuk orang lain yang berkontribusi.
  8. Menghargai keberagaman dengan memberikan penghargaan yang sama tanpa mempedulikan ras, agama, jenis kelamin dan kebangsaan.
  9. Menghindari perbuatan tercela, mencacat hasil karya dan reputasi orang lain.
  10. Membantu teman sejawat dalam pengembangan profesionalisme untuk memenuhi kode etik ini. 

     
Kesimpulan

                  Di kehidupan yang semakin modern masyarakat banyak menggunakan teknologi informasi yang sangat canggih seperti telepon seluler, internet, dan video telewicara jarak jauh. dalam penggunaan ini banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang banyak merugikan banyak orang. hal yang demikian disebabkan karena kurangnya etika dalam teknologi informasi. 
                   didalam profesi di berbagai bidang sangat perlu juga etika. baik etika berbicara, etika berbisnis, dan etika berteknologi informasi.   maka daripada itu setiap perusahaan-perusahaan banyak merumuskan beberapa point-point dalam beretika. rumusan etika yang sering kita dengar kode etik ini bertujuan untuk memajukan perusahaan dan para anggotanya. 

 
sumber : 
http://princeznaj.blogspot.com/2010/02/etika-dalam-berprofesi-di-dunia.html.
http://retno-phutrie15.blogspot.com/2010/02/etika-dalam-berprofesi-di-dunia-ti.html.
http://pvadi.blog.friendster.com/2006/04/etika-dalam-teknologi-informasi.
                
                    
                 
              
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar